Apa Saja Yang Wajib Ada Pada Acara Hantaran Pernikahan ?.

Hantaran pernikahan atau seserahan biasanya digunakan pada acara adat istiadat pernikahan Jawa maupun Sunda.di  Indonesia  memiliki berbagai macam adat istiadat,suku dan budaya tentu menarik untuk dicari tahu apasaja  model, isi dan juga jumlah  seserahan yang  sering di gunakan ketika lamaran maupun pernikahan.

Setelah pada artikel sebelumnya kita membahas “Hantaran Pernikahan Elegan “ dan  “Hantaran Pernikahan Minimalis “ pada kesempatan kali ini kita akan membahas “Apa saja Yang wajib ada pada acara hantaran pernikahan ?” .ini merupakan hal terpenting yang harus kita perhatikan.

Di Jawa pada umumnya , biasanya menggunakan angka bilangan ganjil, seperti 7, 9, 11, dan seterusnya.untuk serahan dan hantran pernikahannya. Namun yang perlu kita tahu “Apa saja Yang wajib ada pada acara hantaran pernikahan ? “ beberapa point utama  yang perlu di perhatikan  dalam hantaran oleh pihak laki-laki ke pihak perempuan.

Beberapa point penting tersebut adalah :

1.    Perlengkapan Mandi
Pada perlengkapan mandi  biasanya terdiri beberapa item  dari shampo, pasta gigi ,  (odol), sikat gigi, sabun, lulur dan yang terakhir handuk serta facial wash atau sering disebut sabun wajah.


2.    Perlengkapan Make Up
Selain perlengkapan mandi, si pria harus membawakan hantaran berisi berbagai perlengkapan make up seperti  berisikan lipstik, bedak, foundation, blash on, parfum, eyeliner, eyeshadow.


3.    Perlengkapan Sholat
perlengkapan sholat merupakan  item  yang wajib untuk dipenuhi. Isi dari seserahan perlengkapan sholat dapat berupa, sajadah, Al-qur’an, mukena (rukuh), dan  tasbih.


4.    Daleman (Underwear)
Underware(pakaian dalam) biasanya berisikan perlengkapan seperti baju tidur dan lingerie  , bra (BH), celana dalam, dan jangan lupa  kaos kaki. Khusus Untuk celana dalam dan bra lumrahnya lebih dari satu set.

5.    Makanan
Ada  tiga jenis makanan yang wajib dibawa pada hantaran yaitu makanan pokok/sembako, berbagai jenis makanan ringan dan terakhir buah-buahan. Makanan pokok /sembako biasanya terdiri dari nasi dan lauk pauk. makanan kecil atau snack ini dapat berupa  kue atau jajanan pasar yang bisa kita temui di pasar tradisional maupun modern. Untuk warna di usahkan memiliki kombinasi warna yang unik atau full color sehingga dapat mempercantik hiasan hantaran perkawinan.
Dan Terakhir adalah buah-buahan. Tidak memiliki batasan untuk membawakan buah-buahan pada hantaran pengantin, umumnya dalam satu keranjang berisi berbagai buah bercita rasa manis. Rasa manis memiliki makna supaya kehidupan pasangan pengantin yang menikah selalu membawa cerita manis.

..

Artikel Lainnya